Profesionalisme Hukum

Sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas” memang sulit membedakan antara rumah tinggal dengan bangunan bercorak “istana” kolom-kolom yang menjulang tinggi, dengan atap dan ukiran dari Spanyol (sparo-nyolong?). Kenyataan bahwa di beberapa rumah tinggal disekitar lingkungan kita yang mayoritas kaum muslim belum menampakkan jatidiri fisik yang Islami, cenderung mementingkan diri dari segi tampilan yang berlebihan, egois. Dengan ide, gagasan dan imajinasi dalam pengupayaan ruang dan bentuk lebih terkonsep berdasarkan kaidah-kaidah Islami. Seringkali karya arsitektur tidak cocok untuk suatu tempat cenderung dipaksakan dengan lingkungan yang ada, bahkan merubah tata ruang kawasan, kasus ini sering kali muncul disekitar kita pada bangunan berskala kecil maupun besar. Mereka tidak hanya merusak sesuatu yang berupa materi atau benda, melainkan juga berupa sikap, perbuatan tercela atau maksiat serta perbuatan jahiliyah lainnya. Akan tetapi, untuk menutupi keburukan tersebut sering kali mereka menganggap diri mereka sebagai kaum yang melakukan perbaikan di muka bumi, padahal justru merekalah yang berbuat kerusakan di muka bumi.

Ada kebutuhan yang ditumbuhkan untuk memotivasi masyarakat agar bisa tampil sebagai “Orang Indonesia” sebagai identitas diri yang baru, dengan tetap mempertahankan latar belakang warna suku bangsanya. Dengan falsafah gotong royong, semangat persatuan dan kesatuan, pembangunan bangsa dan negara mendapat dukungan dari berbagai lapisan masyarakat. Peran norma bagi kehidupan masyarakat adalah sebagai pedoman bagi perilaku sosial dalam bermasyarakat, sebagai kriteria perilaku sosial termasuk penyimpangan atau bukan, dan pedoman bagi pelaksanaan pengendalian sosial.

Beberapa jenis usaha yang mencuri hati masyarakat

Jika cyberbullying dibiarkan tanpa tindak lanjut, maka orang yan menyaksikan dapat berasumsi bahwa cyberbullying adalah perilaku yang diterima secara sosial. Dalam kondisi ini, beberapa orang mungkin akan bergabung dengan penindas karena takut menjadi sasaran berikutnya dan beberapa lainnya mungkin hanya akan diam saja tanpa melakukan apapun dan yang paling parah mereka merasa tidak perlu menghentikannya. Tata ruang dalam rumah tinggal sangat terkait dengan karakter si pemilik, sehingga pilihan perabotan tidak semudah dipilih berdasarkan selera hasil disain produk walaupun merek terkenal dan mampu membeli. Penegakan hukum merupakan sebuah proses yang harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan tidak melupakan budi nurani kita sebagai manusia. Penegakan hukum harus dilaksanakan dengan itikad baik untuk membangun masyarakat yang berbudaya hukum.

Berdasarkan berat ringannya hukuman, hukum pidana Islam mengenal tiga macam golongan kesalahan. Pertama tindak pidana hudud, yang sering diartikan sebagai hukum atau ketetapan Allah SWT. Orang yang melakukan tindak pidana ini akan dikenai hukuman sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT, tidak bisa ditambah atau dikurangi. Menurut Thomas Aquinas, keadilan adalah kebiasaan untuk memberikan kepada orang lain apa yang menjadi haknya berdasarkan kebebasan kehendak. Kebebasan kehendak itu ada pada setiap manusia.Hak dan keadilan mempunyai hubungan yang sangat erat.Adanya hak mendahului adanya keadilan.

Profesi hukum di Indonesia meliputi semua fungsionaris utama hukum seperti Hakim, Jaksa, Advokad, Notaris, Kepolisian dan Jabatan lain. Apabila terjadi penyimpangan atau pelanggaran kode etik, maka mereka harus rela mempertanggung jawabkan akibatnya sesuai dengan tuntukan kode etik. Biasanya dalam organisasi profesi ada dewan kehormatan yang akan mengoreksi pelanggaran kode etik. Hak pada sisi pertama sering disebut hak kodrat yang berasal dari hukum kodrat .Hak pada sisi lainnya disebut hak kontrak yang berasal dari hukum positif.Thomas aquinus menyatakan bahwa segala sesuatu yang bertentengan dengan hak kodrat selalu dianggap tidak adil. Manusia mempunyai hak kodrat yang berasal dari tuhan, tetapi juga mempunyai kewajiban kodrat terhadap orang lain. Apabila hak kodrat itu dijelmakan kepada hukum positif, maka segala sesuatu yang bertentangan dengan hukum positif selalu dianggap tidak adil.