Penggunaan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid

Melakukan permainan dan aktivitas yang menggunakan pemahaman arti bahasa membantu anak untuk lebih memahaminya. Pilih tempat yang membuat anak nyaman saat mengerjakan tugas, baik di ruang tidur maupun ruang keluarga. Ubah latar belakang tempat mereka belajar untuk menambahkan kesan rapi.

Bertandang ke wisata edukatif adalah hal yang menyenangkan sebab anak-anak belajar langsung dari alam dalam kondisi hati yang enjoyable dan tidak berada dalam kelas yang monoton. Perlu bagi Anda untuk mengulang-ulang pelajaran dan tidak membuat target pencapaian yang tidak terlalu cepat dan banyak. Ulang materi terdahulu yang menyenangkan itu dengan tujuan agar anak-anak semakin hafal, merasa bisa, dan tidak terbebani. Drill materi ini membantu menguatkan memori anak-anak tentang materi tersebut. Dengan begitu, anak-anak akan lebih paham materinya dan tidak tertekan dengan materi-materi baru yang secara kuantitas sangat banyak dan mungkin saja berat bagi anak-anak seusianya. Belajar sendiri tentu berbeda rasanya dengan saat anak-anak belajar kelompok.

Jika punya pola pikir ini, anak akan cenderung berusaha ke depannya dengan cara memadukan kemampuan mereka dengan usaha. Pola pikir berkembang bisa didapatkan dengan cara memuji usaha mereka, bukan kebisaannya. Dengan begitu, anak akan mengerti bahwa untuk sukses itu butuh usaha. Usia anak-anak memang sudah seharusnya dinikmati dengan bermain.

Cara mengajar anak untuk tidak bosan

Dan jika anak diberi tugas untuk menulis, mereka justru akan memiliki titik fokus lebih besar di sana. Tetapi, bermain anak TK ini disediakan mainan-mainan yang juga mendukung perkembangan otak mereka. Oleh sebab itu, ruangan di kelas TK itu selalu dibuat lebih berwarna dan disediakan juga banyak permainan.

Menyanyi dapat menghilangkan kebosanan dan membawa suasana yang menyenangkan. Di masa pandemi pun, tidak hanya anak yang merasa bosan tetapi juga orang tua, hal ini sering membuat orangtua tidak bisa mengendalikan emosinya. Baiknya Anda tidak melulu memosisikan diri sebagai orang tua kepada anak. Dengan posisi lebih tinggi, anak akan membentuk batasan terhadap Anda. Ini bisa menyulitkan Anda mengajarinya berbagai nilai kebaikan.

Sebagai orang tua, Anda berhak memiliki harapan positif dari anak. Namun, jika harapan tidak rasional dan sangat sulit untuk dipenuhi, maka hal ini dapat merugikan pertumbuhan anak secara keseluruhan. Mind Mapping adalah konsep belajar dalam bentuk grafis, garis percabangan, gambar maupun kata kunci yang dimana kita akan terbiasa mencatat dan menyusun sebuah materi agar lebih mudah dipahami. Hal tersebut penting dipahami oleh semua pihak, melihat Kondisi Pembelajaran Jarak Jauh saat ini belum dapat disebut perfect sebab masih terdapat berbagai hambatan yang dihadapi. Sejak 16 Maret 2020, Komisi Perlindungan Anak Indonesia menerima sekitar 213 pengaduan baik dari orang tua maupun siswa terkait pelaksanaan pembelajaran jarak jauh . Jika sampai anak meniru adegan sampai ke dunia nyata akan membahayakan untuk dirinya dan juga orang lain.

Dalam melakukan kegiatan, pendidik perlu memberikan kegiatan yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Anak merupakan individu yang unik, maka perlu memperhatikan perbedaan secara particular person. Dengan demikian dalam kegiatan yang disiapkan perlu memperhatikan cara belajar anak yang dimulai dari cara sederhana ke rumit, konkrit ke abstrak, gerakan ke verbal, dan dari ke-aku-an ke rasa sosial.

Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman baru yang menyenangkan dan sangat positif bagi anak. Dengan berkebun, anak bisa belajar untuk bertanggung jawab, mencintai lingkungan dan alam, serta mengenal tumbuh-tumbuhan. Belajar sambil mendengarkan musik terkadang memang perlu dilakukan bagi agar anak- anak bisa konsentrasi dalam belajar nya dan tidak bosan karena suasana yang monoton begitu- begitu saja.